AP Buildings Dukung Upaya Penghematan Air di Masjid Istiqlal

Jakarta - Sebagai penyedia layanan Building Management, AP Buildings turut mendukung upaya penghematan air di Masjid Istiqlal, masjid terbesar se-Asia Tenggara yang menjadi tempat ibadah pertama di dunia yang memperoleh sertifikasi bangunan gedung hijau EDGE (Excellence in Design for Greater Efficiencies) oleh IFC (International Finance Corporation).

Untuk mencapai sertifikasi ini, Masjid Istiqlal harus berhasil mencapai setidaknya 20% penghematan energi, 20% penghematan air dan 20% penurunan kadar karbon dalam material.  Berdasarkan penilaian EDGE, Masjid Istiqlal telah mencapai 36% penghematan air. Khusus penghematan air, sejumlah langkah dilakukan antara lain dengan penggantian keran wudhu dan wastafel dengan keran aerator, penggunaan WC dengan dual flush, dan urinal yang hemat air. Dan selain itu yaitu kebutuhan siram taman untuk memelihara vegetasi yang rimbun dan asri. 

Selain itu, terdapat sistem pengolahan air daur ulang yang dikelola dan dipelihara oleh AP Buildings. Air bekas wudhu jama’ah disalurkan menuju penampungan dan dialirkan kembali untuk digunakan sebagai air penyiraman toilet dan siram taman. Sehingga penghematan air menjadi lebih optimal.


Masjid Istiqlal memiliki luas bangunan sebesar 56.080 meter persegi di atas tanah seluas 98.247 meter persegi. Di mana memerlukan pendekatan khusus dalam pengoperasian dan pemeliharaan seluruh fasilitas yang ada di area Masjid Istiqlal. Dengan kapasitas hingga 200.000 jamaah, berbagai upaya penghematan air tersebut di atas tentunya diharapkan bisa memberikan dampak yang sangat signifikan.

AP Building Management

Project Commissioner: Rana Yusuf Nasir

Project Director: Tri Hernawati

Project Opr. Manager: Rd. Gede Wiryadinata

Building Manager: Yufika Akbar Tanjung

Business Development: M. Rasyid Karim

Untuk request diskusi Panel Surya termasuk High-Performance Building Operation & Maintenance, segera hubungi AP Buildings WhatsApp.