Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Juara PSBE

Jakarta - Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai menjadi Juara 1  dalam ajang Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) pada Kategori Gedung Hemat Energi Sub Kategori Manajemen Energi di Gedung Besar. 

Penyerahan Piala oleh Sekretaris Jenderal ESDM Rida Mulyana kepada Direktur Teknik PT Angkasa Pura I, Lukman F. Laisa..

Pencapaian tersebut diraih oleh PT Angkasa Pura I terhadap Bandara I Gusti Ngurah Rai karena sejumlah faktor. Faktor terbesar yaitu fitur sentralisasi mesin pendingin atau umum dikenal dengan konsep “District Cooling” yang diimplementasi oleh AP Buildings pada 2016 silam.


Konsep ini mengintegrasi tiga Central Refrigeration Building (CRB) di antaranya CRB-1 pada Terminal Kedatangan Domestik; CRB-2 pada Terminal Keberangkatan Domestik dan CRB-3 pada Terminal Kedatangan & Keberangkatan Internasional. Sehingga udara dingin bisa disuplai antar-CRB sesuai kebutuhan yang dinamis secara sangat efisien.

“Tantangan terbesar implementasi konsep District Cooling ini adalah meyakinkan manajemen Angkasa Pura 1 untuk memberikan kepercayaan, mengingat konsep ini belum pernah dilakukan di tanah air. Selain itu adalah tantangan waktu, mengingat jam operasional non-stop bandara, dan momentum Hari Raya Nyepi, dalam rentang kurang dari dua hari harus berhasil menyusun konfigurasi aktivasi unit chiller sesuai dinamika kebutuhan tiap area terminal,” ungkap Rana Yusuf Nasir, AP Buildings President Commissioner.

Nampak Depan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Selain jasa implementasi konsep District Cooling tersebut, AP Buildings juga merupakan penyedia jasa instalasi unit mesin pendingin pada 1998; dan jasa High-Performance Building Operation & Maintenance pada fasilitas tersebut sejak 2001 hingga sekarang. Sehingga performa sistem tata udara secara menyeluruh bisa berjalan maksimal dengan efisiensi yang tinggi.

Data-data konsumsi energi yang efisien ini jugalah yang menjadi dasar proses perolehan SNI Sistem Manajemen Energi dan ISO 50001:2018. Hingga pencapaian sertifikasi ini semakin memperkuat klaim kehandalan manajemen energi dalam penyusunan dokumen PSBE. 


Deny Ariyanto, selaku  AP Building-Manager yang telah terlibat sejak integrasi CRB tersebut mengungkapkan: “Prestasi ini menjadi momentum berharga untuk meningkatkan efisiensi yang lebih tinggi lagi. Salah satunya yaitu dengan pergantian unit-unit mesin pendingin di CRB-2 dan CRB-3.”.


Semoga keberhasilan yang diraih oleh PT Angkasa Pura I ini menambah inspirasi upaya penghematan energi di Indonesia dan menjadi contoh baik di kalangan pemangku kepentingan lain, baik dari kalangan pemerintahan maupun swasta. [AP MarComm Dept. 9/10]

AP Building Management

Project Commissioner: Rana Yusuf Nasir

Project Director: Tri Hernawati

Building Manager: Deny Ariyanto

Business Development: M. Rasyid Karim

Untuk request diskusi District Cooling dan High-Performance Building Operation & Maintenance, termasuk pendampingan penghargaan PSBE dan ASEAN Energy Awards, segera hubungi AP Buildings WhatsApp.