Gedung Administrasi PLTU Jeranjang raih EDGE Certification

Lombok Barat - AP Buildings melalui Green Consultation Dept. baru saja berhasil mendukung Gedung Administrasi PLTU Jeranjang, NTB meraih EDGE Certification pada 12 Oktober 2022. Gedung milik PT Indonesia Power PLTU Jeranjang ini berhasil mencapai proyeksi penghematan 30% Energi, 41% Air, dan 24% penurunan energi dalam produksi material. Gedung dengan luas 1.145 m2 tersebut juga diprediksi mengurangi dampak CO2 sebesar 33,65 ton CO2 per tahun.

Ada pun upaya penghematan Energi di antaranya yaitu pendekatan penyesuaian rasio ukuran jendela terhadap dinding; insulasi lantai, dinding-eksterior; pemilihan spesifikasi kaca; penghematan sistem pendingin udara; dan penghematan cahaya di area interior maupun eksterior.

Sementara upaya penghematan Air di antaranya dilakukan melalui sejumlah pendekatan seperti pemilihan spesifikasi unit shower, keran, WC, urinal, bidet. Baik untuk seluruh kamar-mandi privat maupun publik, termasuk keran untuk dapur.

Dan upaya penurunan energi dalam produksi material dilakukan dengan pendekatan antara lain konstruksi lantai, pelapis lantai; konstruksi atap; dinding-eksterior dan dinding-interior; rangka jendela dan jenis kaca; insulasi atap, dinding dan lantai.

Kiri-Kanan: Hanifah (AP Buildings Project Engineer), Ilyas Taufiqurrohman (EDGE Auditor), Burhanudin dan Riyadi (perwakilan Project Owner: PT Indonesia Power)

Prosentase pencapaian Gedung Administrasi PLTU Jeranjang dari tiga parameter dalam rating tools EDGE

Eksterior Gedung Administrasi PLTU Jeranjang

Lokasi proyek: Jalan Raya PLTU Jeranjang, Dusun Jeranjang, Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Rana Yusuf Nasir, selaku Project Director menutup: “Semoga pencapaian PT Indonesia Power ini bisa diikuti oleh pencapaian gedung lain yang ada di titik-titik pembangkit listrik lain. Serta semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi para pemangku kepentingan baik di sektor energi pada khususnya, dari sisi “supply” maupun “demand”; maupun di sektor bangunan gedung pada umumnya.” [AP MarComm Dept. 29/10]

AP Green Consultation

Project Director: Rana Yusuf Nasir

Project Manager: Deka Triwibowo

Project Engineer: Hanifah

Business Development: M. Rasyid Karim

Untuk request diskusi sertifikasi Green Building Certification, Energy Awards, Commissioning, Audit, dan Simulations segera hubungi AP Buildings WhatsApp.