Hari K3: Ciptakan Lingkungan Kerja yang Aman dan Sehat

JAKARTA - World Day for Safety and Health at Work atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 28 April. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja bagi semua pekerja di seluruh dunia.

Latar belakang peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia ini bermula pada tahun 2003, saat International Labour Organization (ILO) mengangkat tema "Safety and Health at Work: A Basic Human Right" untuk memperkuat kesadaran tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja. Hal inilah yang menjadi cikal bakal penetapan tanggal 28 April sebagai World Day for Safety and Health at Work atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia.


Namun, sayangnya masih banyak perusahaan yang mengabaikan keselamatan dan kesehatan kerja atau hanya memenuhi persyaratan minimum yang diwajibkan oleh hukum. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya pemahaman dan kesadaran tentang kesehatan dan keselamatan kerja, kurangnya dukungan dari pihak manajemen, atau bahkan karena keuntungan yang diutamakan di atas keselamatan pekerja.


Mengutip dari Kompas.id, berdasarkan laporan tahunan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, kasus angka kecelakaan kerja terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2020 terdapat 221.740 kasus angka kecelakaan kerja. Berikutnya, pada 2021 terdapat 234.370 kasus. Adapun sepanjang Januari — November 2022 tercatat 265.334 kasus.

Meskipun keselamatan dan kesehatan kerja menjadi tanggung jawab pemerintah dan perusahaan, setiap individu juga memiliki peran penting dalam memastikan keamanan di tempat kerja. Sebagai pekerja, penting untuk mematuhi prosedur keselamatan dan kesehatan kerja yang telah ditetapkan dan melaporkan kondisi yang tidak aman kepada atasan atau pihak berwenang. Selain itu, penting juga untuk menghindari perilaku yang membahayakan diri sendiri atau orang lain.


Peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia dapat menjadi momentum untuk melakukan tindakan konkret dan memperkuat kesadaran tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja. Dengan demikian, diharapkan lingkungan kerja yang sehat dan aman dapat terwujud, serta memberikan dampak positif bagi kesejahteraan pekerja, keberhasilan bisnis dan ekonomi secara keseluruhan, serta masyarakat dan konsumen yang memperoleh produk dan layanan dari perusahaan tersebut.

AP SkillBuilding
Project Commissioner : Rana Yusuf Nasir

Project Director : Tri Hernawati

Project Manager : Suroso

Business Development : M. Rasyid Karim

Untuk request diskusi pelatihan dan ujian Bangunan Gedung Hijau; maupun pelatihan High-Performance Building Services lainnya segera hubungi AP Buildings WhatsApp.

.