Kenaikan Suhu Global yang Harus Kita Ketahui dan Pahami

Permukaan bumi mengalami anomali kenaikan suhu sebesar 0,5 derajat Celcius antara tahun 1850 dan 1975. Atau dengan kata lain butuh 125 tahun. Sementara kenaikan suhu berikut nya di tahun 1975 hingga 2021 sebesar 1,0 derajat Celcius yang terjadi semakin cepat yaitu hanya 47 tahun. 

Terjadi kenaikan suhu permukaan bumi sejak tahun 1850. Pada tahun ini bertepatan dengan era Revolusi Industri di Eropa. Di mana terjadinya peralihan dalam penggunaan tenaga kerja yang sebelumnya menggunakan tenaga hewan dan manusia, yang kemudian digantikan oleh penggunaan mesin yang berbasis manufaktur.


Periode awal dimulai dengan dilakukannya mekanisasi terhadap industri tekstil, pengembangan teknik pembuatan besi dan peningkatan penggunaan batubara yang berakibat mencemari atmosfer dengan emisi karbon.


Pengukuran kenaikan suhu mulai dilakukan dari tahun 1850. Dikarenakan pada tahun itu, kemajuan teknologi dan ekonomi mendapatkan momentum dengan perkembangan kapal-kapal  tenaga-uap, dan stasiun-stasiun cuaca. Di masa modern, sumbernya berkembang ke stasiun penelitian antartika dan ribuan pelampung laut yang mengirimkan jutaan data secara digital dan real-time. Sehingga data-data yang dikumpulkan cukup banyak dan sistematis.

Lima garis dengan warna berbeda mewakili lima lembaga yang berbeda di antaranya NASA GISS (Goddard Institute for Space Studies), HadCRUT (Hadley Centre/Climatic Research Unit Temperature), NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), Japan Meteorological Agency, dan Berkeley Earth. Meski ada perbedaan yang relatif tipis pada data tahunan, namun secara makro data menunjukkan kemiripan yang luar biasa, ini menjadi bukti valid bahwa kenaikan suhu global benar-benar nyata.  


Sekarang kita tau iklim kita menghangat. Sudah seharusnya kita meningkatkan kesadaran untuk ikut andil  berusaha meminimalisir dengan hemat energi yang bersumber dari alam. Jika bukan kita, lalu siapa lagi?

Dukung berita ini di akun media sosial resmi AP Buildings. Like, Comment & Share. Pastikan juga Follow & Subscribe.