Ari Setiadi: Program ini Terstruktur & Terencana Baik 

Jakarta (30/11/2022) - Ari Setiya Wibawa perwakilan peserta Ujian Pelatihan Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau Tim Profesi Ahli Batch 2 mengatakan bahwa gerakan ini disambut cukup hangat oleh praktisi perencana di Bali. Karena elemen "hijau" keberlanjutan sudah menjadi prinsip yang cukup kental di sana. Maka ketika BGH ini diterbitkan, tidak ada suatu resistensi berarti.

Penyelenggaraan program ini sangat menarik, karena "timing" yang terstruktur dan terencana dengan baik. Bahkan pada situasi tertentu bisa dilaksanakan lebih awal dari rencana sehingga tidak ada keterlambatan. Beliau hanya menyayangkan kondisi absen tertentu yang harus dialami oleh beberapa peserta akibat hal di luar kendali, dan berharap ada kebijakan yang pro terhadap peserta dari panitia.


Ari memberi tanggapan lain yaitu mengenai perbedaan signifikan antara pelaksanaan di dua kota. Beliau beropini bahwa pelaksanaan di Jakarta lebih baik. Ada kondisi guyub yang melepas berbagai ketegangan, dan justeru menciptakan rasa kekeluargaan. Suasana "plong" ini membuat alur diskusi jadi lebih lancar. Peserta sudah terkarantina dengan baik, diberi modul yang baik, maka bisa fokus pada pelatihan dan ujian dengan baik.

Pesan Ari kepada para peserta yaitu untuk menyambut baik gerakan BGH ini. Beliau mengaku lega bahwa BGH sudah menjadi aturan. Meski belum ada "punishment" yang konkrit, setidaknya tidak ada perdebatan lagi seputar ketetapan regulasi ini. Kita bisa lebih mantap menjaga spirit untuk mempertahankan keberlangsungan bumi demi anak-cucu kita. Semoga BGH ini benar-benar bisa merubah perilaku masyarakat.


Sebagai penutup, Ari juga berharap semoga regulasi ini makin ketat dan mengikat. Semoga pemerintah segera menyusun "rewards" dan "punishments". Karena jika tidak demikian, maka dampak masif gerakan BGH yang diharapkan tidak akan terjadi.

Untuk request diskusi pelatihan dan ujian Bangunan Gedung Hijau; maupun pelatihan High-Performance Building Services lainnya segera hubungi  AP Buildings WhatsApp.