M. Rasyid Karim: Berkat Dukungan Bpk. Basuki, Menteri PUPR dan Kerja Sama Kuat dengan AP SkillBuilding, Ujian Pelatihan BGH Berlangsung Lancar

Jakarta (30/11/2022) - AP SkillBuilding Business Development M. Rasyid Karim menjelaskan bahwa pelatihan yang diselenggarakan sebelumnya masih terfokus untuk kebutuhan internal AP Buildings bagi tim Building Management di berbagai bangunan-gedung. Skala program yang paling luas yang pernah dilakukan sebelumnya adalah AP High-Performance Building Seminar secara virtual. Dan program tatap-muka Ujian Studi Kasus Kelompok & Ujian Tulis Akhir Pelatihan Kinerja Bangunan Gedung Hijau Tahap Perencanaan Teknis jadi program pertama skala nasional bagi AP SkillBuilding.

M. Rasyid Karim

AP SkillBuilding Business Development 

Meski demikian ini jadi pengalaman perdana, Ari (sapaan akrab beliau) menyatakan bahwa ada harapan sejak awal untuk memberikan impresi yang berkesan luar biasa. Dan dia bersyukur dan bangga atas kelancaran dan keberhasilan program ini, karena dinilai bisa memenuhi harapan dan persyaratan prosedur Kementerian PUPR. Hal ini ditempuh melalui komunikasi yang intensif dan pengalaman aktual di pelatihan yang diselenggarakan langsung oleh PUPR.


Komunikasi antara AP SkillBuilding dengan PUPR selama pelatihan dan ujian BGH berjalan dengan sangat baik. Hal ini bisa diukur dari banyaknya masukan yang disampaikan dan ditindaklanjuti dari satu sama lain. Salah satu contoh sederhana yang memiliki dampak besar yaitu usulan penyerahan materi presentasi sebelum pelaksanaan ujian. Hal ini meringankan beban para penguji dengan memberikan peluang penilaian sedini mungkin, sehingga masa pengujian bisa berjalan langsung ke substansi permasalahan.


AP SkillBuilding juga berusaha mewujudkan komitmen pelayanan yang maksimal bukan hanya kepada peserta, namun juga kepada para penguji agar pengujian ini jadi momen pengalaman yang berkesan. Berbagai kebutuhan individu yang personal dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan produktivitas pengujian. Misalnya penambahan fasilitas modem ekstra khusus penguji. Termasuk penyediaan booklet khusus penguji berisi susunan-acara dan tabel penilaian kinerja BGH.


Ari menyampaikan sejumlah harapan. BGH ini merupakan "Blue Ocean" atau samudera dengan peluang berlimpah dengan proyeksi grafik kebutuhan yang eksponensial. Oleh karena itu kepada peserta, ia berharap semoga kesempatan emas ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya hingga ada hasil nyata. Kepada PUPR semoga kerjasama yang telah terjalin sangat baik ini bisa terus berlanjut demi meningkatkan kompetensi nasional.



Untuk request diskusi pelatihan dan ujian Bangunan Gedung Hijau; maupun pelatihan High-Performance Building Services lainnya segera hubungi  AP Buildings WhatsApp.