Mochammad Sulton Sahara: Wilayah Indonesia Sangat Luas, Sistem Sertifikasi BGH Harus Terwujud

Jakarta (30/11/2022) - Bagi Mochammad Sulton Sahara, salah seorang pengampu dan penguji, Bangunan Gedung Hijau (BGH) ini bukan hanya penyelenggaraan pelatihan dan ujian semata. Beliau menaruh atensi tinggi sekaligus harapan besar pada terwujudnya pembangunan sistem, mengingat wilayah Indonesia yang sangat luas. Atensi dan harapan tersebut beliau pandang dari dua sisi. Di sisi pertama yaitu sinkronisasi antara UU Bangunan-Gedung dan UU Jasa Konstruksi. Di sisi kedua yaitu sinergi antara Ditjen Cipta Karya dan Ditjen Bina Konstruksi, dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah Tingkat II.

Mochammad Sulton Sahara

Pengampu dan Penguji Program Pelatihan BGH 

Terhadap penyelenggaraan program demi pembangunan sistem ini beliau berkomentar bahwa ini sudah relatif sangat baik. Alasannya antara lain karena adanya sistem kendali; pembagian tugas yang jelas; serta sanksi dan rewards yang sudah jelas. Sulton menambahkan NSPKA (Norma Standar Prosedur dan Kriteria) juga harus disusun agar lebih kuat. Jadi titik beratnya bukan pada kekuatan individual atau parsial, melainkan sistem.


Kepada pihak penyelenggara, beliau berpesan agar modul materi pelatihan dibakukan agar ada jejak yang makin membekas dalam benak peserta. Terutama bagi peserta ASN perwakilan Pemda Tingkat II di berbagai penjuru daerah. Harus ada standarisasi agar tidak ada multitafsir atau salah-tafsir. Bagaimana proses sertifikasi nanti harus selalu mengacu pada sistem.


BGH merupakan bagian dari Bangunan-Gedung (BG). Artinya apa pun standard yang berlaku pada BGH harus sinkron terhadap standard yang berlaku pada BG. Seluruh standard ini harus dipandang secara sistemik menyeluruh, tidak meluluk teknis dan administratif. Dan setiap pemangku-kepentingan harus memahami dan menyadari peran masing-masing, termasuk "rewards & punishments" yang ada. Keberadaan asosiasi profesi diharapkan bisa menjadi pemersatu kepentingan semua pihak.


Baca juga Dina Irawati: Berharap Peserta Menjadi Lulusan Berkualitas 

Untuk request diskusi pelatihan dan ujian Bangunan Gedung Hijau; maupun pelatihan High-Performance Building Services lainnya segera hubungi  AP Buildings WhatsApp.