Menempuh +4.400 km untuk Sertifikasi Greenship Kantor Gubernur Papua

Jakarta - AP Buildings melalui Green Consultation Team menempuh perjalanan sejauh lebih dari 4.400 km (11/11) dalam rangka mendukung sertifikasi Kantor Gubernur Papua dengan Rating Tools Greenship for New Building dari Green Building Council Indonesia. 

Kantor Gubernur Papua.

Kantor Gubernur Papua tampak samping.

Saat ini proses sertifikasi sudah memasuki fase persiapan Final Assessment atau sidang akhir. Berdasarkan laporan resmi dari PT PP Persero Tbk selaku pelaksana pekerjaan konstruksi, gedung dengan luas 22.000 meter persegi ini sudah mencapai progres 89% hingga pertengahan Oktober 2022. Proyek ini merupakan renovasi dari gedung lama yang sudah berdiri sejak 1976 di Jalan Soa Siu Dok 2 Kota Jayapura.


Gedung Kantor Gubernur Papua ini dirancang sedemikian agar memiliki unsur kearifan lokal dan konsep rendah karbon, serta menjadi salah satu bangunan gedung monumental sekaligus ikon Kota Jayapura. Tidak heran jika gedung ini ditargetkan sebagai monumen dan ikon, mengingat besar nilai yang dianggarkan yaitu 393 miliar rupiah bersumber dari dana APBD. Rencananya gedung sepuluh lantai ini akan diresmikan 27 Desember 2022 sesuai harapan Gubernur. 

Proses pembanguna Kantor Gubernur Papua.

Tim AP Buildings Green Consultation bersama Tim PT PP (Persero) Tbk melakukan inspeksi gedung.

Proyek ini juga diawasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua dengan harapan bisa dirampungkan sesuai dengan rancangan dan diresmikan sesuai jadwal. Peresmian Gedung Kantor Gubernur Papua akan dilaksanakan bersamaan dengan Gedung MRP (Majelis Rakyat Papua), Kantor KPU Papua, dan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Papua. [AP MarComm Dept. 18/11]

AP Green Consultation

Project Director: Rana Yusuf Nasir

Project Manager: Deka Triwibowo

Project Engineer: Firdausy Nuzula

Business Development: M. Rasyid Karim


Sumber:  Website Resmi Pemprov Papua

Untuk request diskusi sertifikasi Green Building Certification, Energy Awards, Commissioning, Audit, dan Simulations segera hubungi AP Buildings WhatsApp.