PUPR Juara PSBE

Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi

Jakarta - PSBE merupakan salah satu bentuk apresiasi/ penghargaan kepada para pengguna energi baik pemerintah maupun swasta yang telah berhasil menerapkan upaya-upaya efisiensi energi, konservasi energi dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca. Salah satu bidang penghargaan yang diberikan adalah efisiensi energi sejak tahun 2012.

Untuk kesekian kalinya PUPR telah mengikuti ajang PSBE, di mana tahun ini Gedung G masuk menjadi finalis sekaligus juara pada dua kategori yang berbeda. Yaitu Juara 1 pada Kategori Gedung Hemat Energi Subkategori Gedung Hijau. Selain itu Juara 2 pada Kategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah Subkategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah Pusat.

Dalam wawancara, Kepala Bagian Prasarana Fisik Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR, Eki Arsita Rizky mengungkapkan rasa syukur bahwa generasi pemuda PUPR mampu membuktikan diri berprestasi di kancah nasional maupun internasional. Selain itu beliau merasa ajang ini adalah suatu tantangan, sebagaimana kutipan beliau: “Keputusan yang relatif agak berisiko karena selama ini Gedung G kurang populer, tertutupi oleh gedung yang satunya (Gedung Utama). Jadi ini memang waktunya kami memperkenalkan bahwa PUPR tidak hanya memiliki satu bangunan gedung hijau yang berprestasi.”

Selain itu beliau juga berharap bahwa AP Buildings, sebagai penyedia jasa Building Management: Operation & Maintenance, dapat terus menjadi penggerak kampanye bangunan gedung hijau bagi seluruh pengguna gedung-gedung di kawasan Kampus PUPR.  Sebagaimana tambahan beliau: “Jika dimaknai secara positif, teman-teman AP Buildings dapat menjadi garda terdepan dari Green Campaign, dikarenakan para personil tersebar di semua lantai dan gedung, yang pertama kali menemukan pemborosan energi atau isu teknis penyebabnya.” Menurut beliau jika Building Management dipegang oleh entitas yang benar-benar menguasai konsep Green Building maka dapat memberi efek mass movement yang efektif ke depannya. 

Beliau menyampaikan sebelum mengharap orang lain untuk bergerak, ada baiknya bila memotivasi secara internal terlebih dahulu. Seperti keteladanan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang sangat concern terhadap suasana ekologi dan lingkungan Kampus PUPR. Beliau percaya bahwa lingkungan pasti memiliki kontribusi terhadap performa green building secara langsung dan tidak langsung.  

Juara 1 Kategori Gedung Hemat Energi Subkategori Gedung Hijau. Piala diberikan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo diterima Kepala Biro Umum PUPR Agus Sutamin.

Juara 2 pada Kategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah Subkategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah Pusat. Piala diberikan Sekretaris Jenderal ESDM Rida Mulyana diterima  Kepala Biro Umum PUPR Agus Sutamin

Sebagai penutup, beliau berterima kasih kepada dewan juri yang telah memberikan masukan terhadap beberapa hal yang mungkin perlu disempurnakan lagi. Masukan tersebut akan dijadikan acuan perencanaan demi peningkatan performa gedung di masa mendatang. Dengan peningkatan performa tersebut kelak, beliau berharap PUPR makin siap  mengikuti ajang PSBE di tahun yang akan datang, termasuk ASEAN Energy Awards tahun depan. [AP MarComm Dept. 29/10]

Untuk request diskusi High-Performance Building Operation & Maintenance, termasuk pendampingan penghargaan PSBE dan ASEAN Energy Awards, segera hubungi AP Buildings WhatsApp.