Hemat Energi! Mulailah Beralih ke Lampu LED

Dari semua jenis lampu yang sering kita jumpai, LED adalah jenis lampu yang memiliki banyak keunggulan. Selain umur pemakaiannya mampu mencapai 15 tahun, lampu LED juga dapat menghemat daya hingga menekan biaya penggunaan listrik.

Penggunaan lampu Halogen atau biasa disebut lampu pijar mengeluarkan daya panas yang lebih besar dari cahaya yang dihasilkan. Lalu ada juga lampu jenis CFL atau lampu pendar yang mampu menghasilkan cahaya lebih efisien dari lampu pijar sehingga dijuluki sebagai Lampu Hemat Energi (LHE) dan sempat menjadi program pemerintah agar masyarakat mulai beralih ke LHE.


Percepatan laju teknologi, membuat efisiensi lampu LED mulai setara dengan CFL bahkan dikatakan lebih efektif. Lampu LED menghasilkan cahaya yang lebih besar dari daya yang dikeluarkan. 

Bayangkan saja, bila suatu ruangan membutuhkan 1600 lumens, maka daya yang akan dihasilkan dari lampu diatas pasti berbeda. Lampu pijar dapat mengeluarkan daya sebesar 100 watt untuk menghasilkan 1600 lumens. Lampu CFL dapat mengeluarkan 23 watt untuk menghasilkan 1600 lumens. Sedangkan lampu LED hanya butuh 16-18 watt untuk menghasilkan 1600 lumens.


Konsep ini juga telah dilakukan untuk pengoperasian management gedung di proyek yang ditangani oleh AP Buildings. Sehingga dapat dipastikan lampu LED mampu menghemat pemakaian listrik hingga membantu mengurangi jumlah energi yang dikeluarkan. Lampu LED hanya melepaskan 5% energi sebagai panas dan sisanya menghasilkan cahaya. Itulah mengapa lampu LED lebih terang dari jenis lampu yang sudah ada lainnya.


Oleh karena itu, disarankan agar mulai beralih ke lampu LED yang hemat dan ramah lingkungan. Selain itu pemakaian lampu LED juga termasuk dalam upaya Green Building yang telah dianjurkan oleh pemerintah saat ini. Inilah alasan dari Why Green Building.