AP Buildings Dukung Angkasa Pura I Raih Greenship untuk Bandara Ahmad Yani

Semarang - AP Buildings melalui Green Consultation Team pada bulan Juli 2022 mendukung PT Angkasa Pura I mensertifikasi Bandara Ahmad Yani meraih Predikat Gold dalam Sertifikasi Greenship for New Building dari Green Building Council Indonesia. 

Bandara Ahmad Yani tampak dari sisi jalan.

Bandara Ahmad Yani sebelum pemugaran.

Pada awal pembangunannya, Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani (Bandara Ahmad Yani) Semarang berfungsi sebagai Pangkalan Udara milik TNI Angkatan Darat. Seiring berjalannya waktu pada tahun 1995 di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I, Bandara Ahmad Yani Semarang mulai melayani penerbangan domestik.

Semakin meningkatnya permintaan global, melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 64 tahun 2004 yang mengatur pelayanan Angkatan Udara ke atau dari Luar Negeri dapat melalui Bandara Ahmad Yani, dan diresmikan tanggal 31 Agustus 2004 oleh Gubernur Kepala Daerah Jawa Tengah.

Bandara Ahmad Yani kini, tahun 2022.

Interior Bandara Ahmad Yani.

Sesuai dengan perkembangan zaman dan fungsinya, Bandara Ahmad Yani mengalami perubahan menjadi International Airport. Sehingga desain bangunan dan lingkup pemeliharaan mengalami penyesuaian signifikan. Atas desain baru tersebut itulah sertifikasi bangunan gedung hijau menjadi tolak ukur yang harus diimplementasikan. 


Dengan memperoleh Predikat Gold dalam Sertifikasi Greenship New Building ini, semoga PT Angkasa Pura I konsisten dalam meningkatkan pengelolaan bangunan gedung hijau agar dapat menjadi contoh bagi stakeholder lain untuk menerapkan konsep bangunan gedung hijau demi lingkungan yang lebih baik lagi di masa depan. [AP MarComm Dept. 5/11]

Pemandangan Bandara Ahmad Yani dari udara.

Area keberangkatan Bandara Ahmad Yani.

AP Green Consultation

Project Director: Rana Yusuf Nasir

Project Manager: Deka Triwibowo

Project Associate: Indah Inayati

Business Development: M. Rasyid Karim


Sumber:  Website Resmi Pemprov Papua

Untuk request diskusi sertifikasi Green Building Certification, Energy Awards, Commissioning, Audit, dan Simulations segera hubungi AP Buildings WhatsApp.