The Importance of Collaboration: 2022

Kepada Yth.

Bapak/Ibu/Sdr./Sdri.

Rekan-rekan Pegiat & Praktisi

Sektor Bangunan Gedung dan Efisiensi Energi



Flashback 2021

Pandemi 2019 hingga 2021 masih menyisakan bekas yang mendalam, salah satunya di dunia usaha. Untuk menjamin kesehatan dan demi keselamatan pegawai, berbagai perusahaan mengambil kebijakan penyesuaian jam kerja, yang sedikit-banyak ikut memengaruhi produktivitas. Sementara di satu sisi lain, persaingan usaha makin ketat.


Perang harga menjadi ancaman serius yang harus diantisipasi dengan bijak. Termasuk di antaranya menghadapi upaya alih-usaha yang kini menjadi kompetitor baru, baik di bidang jasa bangunan gedung hijau, maupun pengelolaan dan pemeliharaan bangunan gedung. Meski demikian AP Buildings akan tetap meneruskan komitmen pada pelanggan yaitu konsistensi mempertahankan nilai-nilai High-Performance Building yang menjunjung konsep Green dan Energy-Efficiency.


Banyak perusahaan terpaksa menerapkan kebijakan darurat agar bisa bertahan. Berbagai upaya efisiensi dilakukan seperti pemangkasan: mulai dari jenis dan porsi gaji serta tunjangan, hingga perampingan jumlah pegawai. Dan tidak sedikit yang akhirnya gulung tikar. Meski demikian, kami patut bersyukur karena di tengah kondisi yang berat tersebut, AP Buildings bukan hanya mampu bertahan, namun juga tetap menunaikan hak-hak pegawai secara penuh. Tidak ada PHK atau penyesuaian gaji dan tunjangan apa pun, termasuk THR dan Bonus tahunan.


Dinamika dalam tahap operasional selalu ada dan menuntut kesabaran dan ketegasan. Tantangan baru bermunculan baik secara eksternal maupun internal. Direksi dan Manajemen selalu dituntut mengambil keputusan tepat dan cepat. Namun rasa lelah yang dirasakan menjadi terasa manis dengan kabar-kabar yang menggembirakan dan membanggakan. Yakni sejumlah penghargaan yang diraih gedung-gedung yang kami kelola dan dukung, di ajang bergengsi Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi dan ASEAN Energy Awards.



Outlook 2022

Menghadapi tahun 2022, di luar isu-isu persaingan usaha di atas, ada isu-isu konseptual dan praktikal yang berkaitan dengan upaya pemerintah, yang juga perlu dipikirkan. Selain membantu mengelola dan memelihara gedung-gedung pemerintah, AP Buildings juga menyadari urgensi untuk mendukung program-program pemerintah ini.


Sejak tahun 2020, Indonesia telah menyusun dokumen Long-term Strategy on Low Carbon and Climate Resilience 2050 (LTS-LCCR 2050), menuju net-zero emission dengan tetap mempertimbangkan kondisi ekonomi bertumbuh, berketahanan iklim dan berkeadilan. Dokumen LTS-LCCR 2050 merupakan  arahan jangka panjang yang akan menjadi pedoman dalam  implementasi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim serta komitmen NDC lima-tahunan selanjutnya. (Sumber: laman Kementerian LHK)


Dalam rangka mendukung rencana pemerintah tersebut, maka sebagai elemen dari sektor bangunan gedung dan sektor energi, kami memiliki misi untuk turut serta dalam pengembangan konsep-konsep seperti: NZEB (Net Zero Energy Building); penetapan kriteria-kriteria wajib dalam Permen PUPR No. 21 mengenai Rating Tool BGH (Bangunan Gedung Hijau); termasuk yang saat ini sedang disusun yaitu: skema insentif dan disinsentif; kewajiban manajemen energi pada gedung 15 lantai ke atas; hingga efisiensi energi dengan skema ESCO (Energy Service Company) atau ESPC (Energy Savings Performance Contract).


Tren menggembirakan ini diharapkan akan mendorong lebih banyak gedung untuk menerapkan upaya penghematan energi dan konsep hijau. Yang artinya akan menuntut lebih banyak lagi tenaga kerja profesional yang memiliki filosofi, semangat, pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Tenaga kerja ini harus dilatih dan disertifikasi agar memiliki daya saing yang optimal. Perlu lembaga pelatihan dan sertifikasi yang bisa handal.



Strategic Steps: Collaboration

Tahun berikutnya akan makin menantang, kami berusaha selalu membekali diri dengan sejumlah hal. Di antaranya: terus menjaga posisi yang konsisten pada konsep Bangunan Berperforma Tinggi, mengawal perkembangan konsep Bangunan Gedung Hijau, dan implementasi IoT (Internet of Things). Selain itu juga terus membangun kapasitas Sumber Daya Manusia melalui LPK dan LSP yang bisa diandalkan, dan merintis proyek pilot ESCO.


Melihat pengalaman di tahun 2021 dan dalam rangka menyambut kedatangan tahun 2022, kami mengajak kita semua untuk bersama-sama meraih prestasi dengan semangat optimisme dan kolaborasi yang saling menguntungkan. Termasuk untuk berbagi pengetahuan, keahlian dan pengalaman kepada masyarakat dan bangsa.


Oleh karena itu kami terus membuka pintu kerjasama yang sebesar-besarnya kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor bangunan gedung dan efisiensi energi, baik dengan Bapak dan Ibu yang terhormat di instansi pemerintah, maupun dengan Rekan-rekan pegiat dan praktisi lainnya dari perusahaan swasta; lembaga akademis; NGO serta dari asosiasi profesi, asosiasi industri dan asosiasi kemasyarakatan.


Semoga Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kesehatan, kecakapan dan kekuatan untuk mewujudkan rencana mulia apa pun yang kita cita-citakan. Amin.


"Happy New Year. Let's Embrace 2022 with The Power of Optimism & Collaboration."



Hormat saya,



Ir. Rana Yusuf Nasir, IPM, GP

Founder of AP Buildings