Fokus ke SDGs, AP Buildings Kukuhkan Pilar Akademis untuk Keberlanjutan Global

JAKARTA - Dalam upaya mendorong pengembangan kurikulum arsitektur yang inovatif, berkelanjutan, dan bereputasi internasional, AP Buildings dipercaya untuk turut andil dalam Lokakarya yang berorientasi pada implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) melalui prinsip-prinsip arsitektur Islam yang unggul. Lokakarya ini adalah program kolaborasi lanjutan antara AP Buildings dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai metode holistik dalam mendidik mahasiswa arsitektur menjadi profesional yang kompeten, berdaya saing dan mengutamakan aspek-aspek berkelanjutan untuk menghadapi tantangan masa depan. 

Rana Yusuf Nasir, Pendiri AP Buildings, sebagai narasumber utama dalam lokakarya ini, membagikan pengetahuan dan pengalaman dalam merancang bangunan yang berorientasi pada wawasan berkelanjutan. Rana menyoroti pentingnya mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi di setiap tahap desain, konstruksi serta pemanfaatan bangunan-gedung. Kajian ini kemudian dikaitkan dengan nilai-nilai Islam yang harmonis, estetis, humanis serta berdaya guna yang mengedepankan implementasi pengembangan SDGs.


Terkait pengembangan SDGs, visi ini merupakan komitmen global dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan secara menyeluruh, di mana tujuan-tujuan ekonomi, sosial, dan lingkungan saling terhubung dan saling mendukung. Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip SDGs dalam kebijakan dan tindakan, diharapkan mampu menciptakan dunia yang lebih adil, berkelanjutan, dan berdaya tahan untuk generasi saat ini dan masa depan.  


Sementara itu, integrasi arsitektur Islam yang berkelanjutan dalam kurikulum arsitektur tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai Islam, tetapi juga memberikan landasan yang kuat bagi para mahasiswa arsitektur untuk menjadi agen perubahan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan secara global.

AP Buildings memberikan kesempatan bagi para peserta, yang merupakan akademisi UMS untuk menjalin kerjasama, berbagi pengetahuan, dan mengembangkan jaringan secara berkesinambungan. Hal ini membantu menciptakan sinergi dan kolaborasi yang diperlukan untuk memajukan pengembangan kurikulum arsitektur yang bereputasi internasional. 


Lokakarya ini diharapkan menjadi sarana penting bagi pengembangan kurikulum yang bereputasi internasional dalam bidang arsitektur, serta mendorong kesadaran dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya menjalankan prinsip-prinsip arsitektur Islam yang berkelanjutan demi mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan secara keseluruhan sesuai dengan visi-misi SDGs.


Sebagai informasi, program ini dilaksanakan di Akasia Meeting Room, Hotel Sala View, Surakarta, pada Kamis (15/06/2023). Lokakarya ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Prodi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta.

AP SkillBuilding
Project Commissioner : Rana Yusuf Nasir

Project Director : Tri Hernawati

Project Manager : Suroso

Business Development : M. Rasyid Karim

Untuk request diskusi pelatihan dan ujian Bangunan Gedung Hijau; maupun pelatihan High-Performance Building Services lainnya segera hubungi  AP Buildings WhatsApp.