Berikan Inspirasi, AP Buildings Hidupkan Semangat Arsitektur Berkelanjutan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

JAKARTA - AP Buildings mendapat kehormatan untuk bersinergi dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui kunjungan Pendiri AP Buildings, Rana Yusuf Nasir, sebagai dosen tamu pada program Visiting Lecture yang diadakan Rabu pekan lalu (14/06/2023).  Dalam agenda ini, Rana membawakan topik utama Spirit & Passion of Green Building yang berfokus pada pentingnya implementasi Green Building di era perkembangan lingkungan berkelanjutan. 

Kegiatan ini merupakan agenda unggulan yang dimoderasi oleh Fakultas Teknik UMS Prodi Arsitektur dalam upaya mensosialisasikan konsep, praktik dan inovasi Green Building kepada rekan-rekan mahasiswa/mahasiswi dan akademisi UMS. Secara eksklusif, momentum ini menciptakan atmosfer kolaboratif yang mendorong inventivitas dalam implementasi Green Building untuk generasi mendatang di masa depan.


Dalam presentasinya di Gedung L Fakultas Psikologi UMS, Rana memberikan pemahaman menyeluruh mengenai prinsip-prinsip dasar yang menjadi fondasi Green building. Salah satu aspek yang dipaparkan oleh Rana adalah efisiensi energi. Secara garis besar, bangunan yang dirancang dengan mempertimbangkan aspek efisiensi energi dapat mengurangi penggunaan listrik, meminimalkan emisi karbon, dan mengurangi dampak negatif terhadap perubahan iklim. 

Selain itu, Rana juga menyoroti pentingnya tata kelola operasional dan pemanfaatan sumber daya dalam konteks bangunan ramah lingkungan. Pada Green Building, limbah harus dikelola dengan cara yang bertanggung jawab, termasuk melalui daur ulang, penggunaan material yang ramah lingkungan, penggunaan sistem sanitasi yang efisien dan manajemen pemeliharaan yang baik. Hal ini dapat meminimalisir dampak negatif pada lingkungan serta mengurangi kebutuhan penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan.


Program Visiting Lecture ini berhasil menyajikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep Green Building. Perspektif mengenai bangunan berubah menjadi lebih luas, melampaui fungsi konvensional. Setiap individu diingatkan tentang tanggung jawab sebagai agen perubahan dalam menjaga dan melindungi lingkungan melalui konsep Green Building


Diharapkan melalui kegiatan ini, para peserta yang mayoritas merupakan mahasiswa/mahasiswi Prodi Arstitektur dapat menerapkan prinsip-prinsip Green Building dalam proyek-proyek konstruksi masa depan. Dengan demikian, generasi penerus bangsa dapat berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan serta menciptakan ruang hidup yang lebih sehat dan nyaman bagi masyarakat.

AP Green Consultation

Project Director : Rana Yusuf Nasir

Project Manager : Deka Triwibowo

Business Development : M. Rasyid Karim

Untuk request diskusi sertifikasi Green Building Certification, Energy Awards, Commissioning, Audit, dan Simulations segera hubungi AP Buildings WhatsApp.