Perjalanan Gemilang AP SkillBuilding Manager: Dari Staf Proyek menjadi Seorang Pemimpin

JAKARTA - Datang dari Boyolali, mari berkenalan dengan Suroso, yang menceritakan pengalaman dan perjalanan kariernya di Jakarta, hingga dapat ke titik sekarang, menjadi AP SkillBuilding Manager. Saat diwawancarai, Suroso menejelaskan dirinya merantau ke Jakarta setelah lulus dari STM pada tahun 1994, hanya bermodalkan tekad dan uang 50 ribu, berani memutuskan untuk mengadu nasib ke perantauan tanpa tujuan dan kepastian. 

Sempat merintis dan menjajaki di sejumlah tempat, mulai menjadi supervisor di perusahaan kontraktor selama 10 tahun, masuk ke dunia operation & maintenance di Yayasan Sekolah Internasional selama 11 tahun, menuntaskan gelar Sarjana Teknik, hingga pada akhirnya Suroso begabung dengan AP Buildings di tahun 2015 sebagai Chief of Engineering. Di AP Buildings sendiri, Suroso mengawali proyeknya di Gedung HK Tower pada tahun 2015. Kemudian pindah ke Kementerian PUPR sebagai Chief of Engineering, dan tak berselang lama diangkat menjadi Building Manager.

Pada 2017-2019, Suroso dipindahtugaskan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pada titik ini, Suroso menceritakan kesannya menjadi narasumber lingkup operation & maintenance di Kantor Pusat KKP untuk membagikan pengalamannya mengelola gedung tersebut hingga berhasil maju ke tingkat Nasional dalam PSBE (Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi) dan ke tingkat ASEAN dalam ASEAN Energy Awards.

Pilihan untuk memindahkan peran Suroso dari proyek ke Head Office adalah sebuah langkah besar yang menunjukkan kepercayaan penuh maanjemen terhadap kemampuan dan kualitas kepemimpinan Suroso. Hal ini terjadi ketika di pertengahan 2020, Suroso dipanggil ke Head Office yang awalnya dimoderasi sebagai tenaga pengajar internal AP Buildings, sampai pada titik di mana Suroso dipercaya untuk mengemban tugas sebagai AP SkillBuiding Manager yang kala itu merupakan awal terbentuknya AP SkillBuilding sebagai lini bisnis baru di AP Buildings.

AP SkillBuilding sendiri adalah lini solusi yang ditawarkan AP Buildings sebagai Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja, baik internal dan eksternal perusahaan, sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Ragam pelatihan yang ditawarkan antara lain adalah housekeeping, landscaping, engineering, K3 dan yang paling paten adalah pelatihan Bangunan Gedung Hijau (BGH).

Dari pengalaman dan dedikasi Suroso, kita belajar bahwa tidak ada batasan untuk meraih mimpi, meskipun dimulai dari posisi yang mungkin terlihat sederhana. Bagi rekan-rekan seprofesional dan generasi muda yang bermimpi besar, perjalanan hidup Suroso adalah sumber inspirasi untuk terus berusaha dan menggapai puncak kesuksesan. Suroso juga menutup wawancara singkatnya dengan mengatakan “anggaplah tempat kita bekerja sebagai sumur untuk minum, dan jangan meludahi tempat minum kita sendiri”.

AP SkillBuilding
Project Commissioner : Rana Yusuf Nasir

Project Director : Tri Hernawati

Project Manager : Suroso

Business Development : M. Rasyid Karim

Untuk request diskusi pelatihan dan ujian Bangunan Gedung Hijau; maupun pelatihan High-Performance Building Services lainnya segera hubungi  AP Buildings WhatsApp.