Belajar Budadaya Tanaman: AP Buildings Terapkan Program Nursery di Masjid Istiqlal

JAKARTA - Dalam upaya untuk menciptakan lingkungan yang hijau, sehat, dan indah, Tim Landscaping AP Buildings dengan penuh dedikasi melakukan penerapan program nursery di Masjid Istiqlal, Jakarta. Program yang telah diinisiasi oleh Mega Wurianingsih, AP Chief of Landscaping, sejak 2021 ini bertujuan memberdayakan lingkungan binaan, pembibitan ragam jenis tanaman untuk jangka panjang, serta memperkaya estetika area landscape Masjid Istiqlal.

Pembibitan tanaman dilakukan dengan penuh dedikasi di satu titik area Masjid Istiqlal, menggunakan teknologi dan metode terkini untuk memastikan kualitas optimal. Tanaman yang telah dibibitkan kemudian didistribusikan ke titik-titik strategis di seluruh area masjid, menciptakan ekosistem yang beragam dan berkelanjutan. Tujuan utama dari program ini adalah untuk pemenuhan dan pergantian tanaman yang berkualitas, sekaligus memberikan nilai estetika yang tinggi di Masjid Istiqlal. 


Pemeliharaan tanaman menjadi fokus utama tim, dengan rutin dilakukan pengairan minimal 2x sehari di pagi dan sore hari. Untuk pemupukan, tergantung dari kondisi & jenis tanaman serta pemantauan hama yang intensif, variasinya antara dua minggu sekali atapun hingga satu bulan sekali.  Selain itu, tim AP Landscaping juga rutin melakukan pemangkasan,  pencangkokan dan treatment khusus untuk memastikan pertumbuhan yang optimal di tanaman-tanaman yang memerlukan perhatian khusus. Program ini bukan hanya sekadar pembibitan dan pembudidayaan tanaman, tetapi juga langkah konkrit menuju keberlanjutan dan keindahan yang lebih baik.

"Kami berkomitmen untuk menjaga keindahan dan keberlanjutan Masjid Istiqlal melalui program nursery Istiqlal. Di mulai dari hal kecil seperti tidak merusak tanaman, lalu cintailah tanamannya karena mereka juga makhluk hidup. Maka dari ihal kecil seperti itu, kita dapat lebih sadar juga bahwa tanaman-tanaman itu penting untuk lingkungan kita," tukas Mega.


AP Buildings, sebagai inisiator yang berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan, melihat program nursery sebagai salah satu bentuk kontribusi nyata untuk mendukung keberlanjutan dan keindahan lingkungan. Program ini bukan hanya untuk sekarang, tetapi juga untuk generasi mendatang. 

AP Building Management
Project Commissioner : Rana Yusuf Nasir

Project Director : Tri Hernawati

Project Opr. Manager : Rd. Gede Wiryadinata

Building Manager : Edy Sulistyo

Business Development : M. Rasyid Karim

Untuk request diskusi High-Performance Building Operation & Maintenance (Engineering, Housekeeping, Landscaping, Security, dsb), segera hubungi AP Buildings WhatsApp.