AP Buildings Green Consultation Team Laksanakan Audit Energi untuk Sertifikasi Greenship Wisma BCA BSB Semarang

Semarang (22/12/2022) - Setelah berhasil melakukan proses sertifikasi Greenship pada Wisma BCA Foresta, kali ini AP Buildings kembali dipercaya melakukan proses sertifikasi Greenship pada Wisma BCA BSB Semarang dengan diawali oleh Preliminary Assessment, dan kini pelaksanaan Audit Energi.

Audit Energi adalah prosedur sistematis yang terdiri dari inspeksi, verifikasi, pengawasan, dan analisa konsumsi energi untuk mengidentifikasi potensi penghematan. Pada bangunan-gedung, konsumsi energi terbesar yaitu sistem tata-udara; kemudian sistem tata-cahaya; dan lain-lain seperti pompa, elevator, eskalator, dan tentunya ratusan atau bahkan ribuan komputer serta peralatan elektronik pengguna-gedung.

Sebagai konsumen energi terbesar pada gedung, maka sistem tata-udara harus mendapatkan perhatian ekstra. Oleh karenanya salah satu komponen terpenting seperti chiller atau mesin pendingin dan jaringan pemipaan serta ducting perlu diinspeksi kesesuaiannya antara desain dan kebutuhan aktual setelah terpasang. Tidak jarang chiller harus melalui proses re-rating oleh brand-principal untuk meraih titik efisiensi yang optimal.

Setelah proses Audit Energi selesai dilalui, AP Buildings Green Consultation Team akan memberi rekomendasi kepada pihak BCA sebagai pemilik gedung, agar kelak pencapaian parameter efisiensi energi ini bisa diklaim untuk mendapatkan poin maksimal pada kategori EEC: Energy Efficiency & Conservation.

Gedung baru ini beralamat di Jl. RM Hadi Soebeno Sosrowardoyo, Kawasan Komersial BSB No B6/7 Kedungpane, Mijen, Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini memiliki empat lantai dengan luas 27.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 1.500 karyawan dengan fungsi umum perkantoran, dan khususnya layanan contact center.Nantikan update mengenai tahapan sertifikasi Greenship pada Gedung Halo BCA Semarang pada postingan berikutnya. (AP Marcomm Dept.)

AP Green Consultation

Project Director: Rana Yusuf Nasir

Project Manager: Deka Triwibowo

Project Engineer: (sesuaikan)

Business Development: M. Rasyid Karim

Untuk request diskusi sertifikasi Green Building Certification, Energy Awards, Commissioning, Audit, dan Simulations segera hubungi AP Buildings. AP Buildings WhatsApp.