Pelatihan dan Simulasi Tanggap Darurat Bencana-Ditjen AHU

Jakarta - Ditjen Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM didukung oleh AP Buildings, bekerja sama dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, telah mengadakan Pelatihan dan Simulasi Tanggap Darurat Bencana yang bertempat di Gedung Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (29/10).

Kegiatan diawali dengan briefing pengarahan peserta dipimpin Building Manager untuk Ditjen AHU, Iim Ibrahim. Beliau menyampaikan dan menjelaskan seluruh rangkaian susunan kegiatan yang akan dilakukan pada Pelatihan dan Simulasi Tanggap Darurat Bencana. Perwakilan dari Manajemen AP Buildings, Mochamad Rasyid Karim dalam kata sambutannya, beliau mengatakan “selain fokus pada aspek efisiensi energi dan air, kita juga harus memiliki perhatian yang tinggi pada aspek keamanan gedung dan keselamatan pengguna gedung,” lalu diakhiri dengan doa bersama untuk kelancaran dan keselamatan semua peserta.

Para peserta dibagi menjadi empat grup yang dibedakan sesuai warna dan tim. Warna merah sebagai tim pemadam, warna biru sebagai tim teknik, warna kuning sebagai tim evakuasi, dan hijau sebagai tim security.

Sebelum masuk pada praktik Pelatihan dan Simulasi Tanggap Darurat Bencana, para personil diberikan materi mengenai Penyelamatan Tanggap Darurat Bencana sesuai dengan fungsi  tim yang telah dibagi.  Kemudian seluruh tim dikumpulkan kembali dalam aula untuk mendapatkan penyusunan skenario penyelamatan pada saat kebakaran oleh Analis Kebakaran Ahli Pertama PPNS Suhendra perwakilan dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Kegiatan dilanjutkan di luar ruangan, di mana sudah disiapkan alat peraga berupa tong api, karung goni dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) sebagai media pemadaman api. Moderator pada siang itu adalah Komandan Regu Sektor Semanggi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan, Edy Soenarto yang sangat atraktif dan bersemangat dalam menyampaikan dan memperagakan langkah-langkah dalam memadamkan api.

Dalam praktiknya pemadaman api dilakukan dalam dua cara, yaitu dengan cara manual menggunakan karung goni yang dibasahi air. Cara lain dengan menggunakan APAR. Perwakilan dari setiap tim mendapatkan kesempatan terjun langsung untuk merasakan  bagaimana langkah-langkah dalam memadamkan api baik manual atau dengan APAR.

Adanya kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada peserta  yang bekerja dalam Gedung AHU akan sebab akibat terjadinya bencana khususnya kebakaran dan bagaimana cara mencegah dan meminimalisir bila itu terjadi di gedung tempat mereka bekerja. Semoga ilmu tersebut tidak hanya menjadi pembelajaran namun juga dapat diterapkan oleh seluruh pekerja. [AP Marcomm Dept. 2/11]

AP Building Management

Project Commissioner: Rana Yusuf Nasir

Project Director: Tri Hernawati

Project Opr. Manager: Rd. Gede Wiryadinata

Building Manager: Iim Ibrahim

Business Development: M. Rasyid Karim

Untuk request diskusi Fire Safety, maupun High-Performance Building Operation & Maintenance, segera hubungi AP Buildings WhatsApp.