AP Buildings Ikut Serta dalam GBCI Leadership Course di Singapura

JAKARTA - Sebagai pelopor dalam praktik pembangunan berkelanjutan, AP Buildings mengakui pentingnya kepemimpinan yang berwawasan lingkungan untuk mendorong transformasi industri menuju masa depan yang berkelanjutan.  Melalui hal ini, AP Buildings berpartisipasi dalam Program Leadership Course yang diselanggarakan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) di Singapura selama tiga hari (20-22/07/2023).

Leadership Course merupakan program eksklusif yang diselenggarakan oleh GBCI untuk memberikan pemahaman dan pengalaman nyata dalam mengelaborasi praktik-praktik berkelanjutan dan tata perencanaan kota. Batch 1 ini mengambil tema On Net Zero Energy Building & Sustainable Transit-oriented Development dengan menekankan kemudahan mengakses transportasi publik dalam rangka mengeksplorasi bangunan-bangunan net-zero di Singapura. Berikut destinasi-destinasi yang dikunjungi oleh AP Buildings selama mengikuti Leadership Course:

National University of Singapore

Berlokasi di Queenstown, National University of Singapore (NUS) merupakan salah satu perguruan tinggi di Singapura yang mempraktikkan perpaduan antara desain berkelanjutan dan strategi konstruksi yang tepat guna. NUS menawarkan prinsip-prinsip ZEB (Zero Energy Building) yang optimal untuk meraih target Zero Energy pada kategori institusi pendidikan di 2030. Tidak heran, NUS berhasil meraih BCA Green Mark Platinum pada 2021.


Singapore Management University

Meraih BCA Green Mark Platinum pada 2019, Singapore Management University (SMU) menggambarkan komitmen institusi pendidikan dalam mengintegrasikan elemen arsitektur modern dengan ruang terbuka hijau. Salah satu metode inovatif untuk menjaga keberlanjutan Super Low Energy (SLE) yang diterapkan oleh SMU adalah dengan praktik Passive Displacement Cooling (PDC). 


Surbana Jurong Campus

Merupakan kantor pusat kemitraan Surbana Jurong yang mengadopsi penggunaan teknologi, digitalisasi dan inovasi berkelanjutan di sektor bangunan, seperti BIM (Building Information Modeling), IDD (Integrated Digital Delivery), DFMA (Design for Manufactruing & Assembly). Surbana Jurong Campus berlokasi di Jurong Innovation District dan meraih BCA Green Mark Platinum pada 2019.


Khoo Teck Puat Hospital

Rumah sakit yang berlokasi di Yishun ini mengusung konsep “hospital in a garden, garden in a hospital”. Hal ini didukung oleh kondisi klinis kawasan yang cocok sebagai lingkungan penyembuhan dan terapeutik. Selain itu, lebih dari 100 spesies hayati, baik flora maupun fauna, dilestarikan di lingkungan binaan KTPH. Rumah sakit ini berhasil meraih BCA Green Mark Platinum pada 2009.


Schneider Electric East Asia

Mengedepankan konsep bangunan cerdas dengan sistem EcoStruxure Building, sistem ini menghubungkan layanan, perangkat keras serta perangkat lunak melalui inovasi sektor elektrikal untuk memaksimalkan efisiensi bangunan, mengoptimalkan kenyamanan dan produktivitas, serta meningkatkan nilai bangunan. Gedung utama Schneider Electric East Asia berlokasi di Kallang Ava dan berhasil meraih BCA Green Mark Platinum pada 2021.


Stadium MRT Station

Stadium MRT Station adalah stasiun kereta bawah tanah (Mass Rapid Transit/MRT) yang terletak di Singapura. Stasiun ini merupakan bagian dari Jalur Circle Line (CCL). Stadium MRT Station didesain dengan tampilan futuristik dan fungsional untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan akses mobilitas bagi para pengunjung yang ingin mengeksplorasi kota.

AP Green Consultation

Project Director : Rana Yusuf Nasir

Project Manager : Deka Triwibowo

Project Engineer : Jarot Prasetyo

Business Development : M. Rasyid Karim

 Untuk request diskusi sertifikasi Green Building Certification, Energy Awards, Commissioning, Audit, dan Simulations segera hubungi AP Buildings WhatsApp.